09 December 2008

dinginnya jogja hari ini

...hawanya seperti di Bandung, atau Malang, dua kota yang dulu sering saya singgahi dalam rangka bekerja. Barangkali karena saya terbiasa dengan hawa panas di Jogja selama delapan tahun terakhir ini, sesekali merasakan udara dingin menjadi sesuatu yang terasa semacam obat bagi rasa sakit. Seperti tidur dua jam setelah tiga hari nonstop bekerja. Sebentar, tapi efeknya luar biasa.

Dan pagi ini, selepas jam sembilan pagi, saya baru menyadari, udara di Jogja tak seperti biasanya. Memang ada yang sedikit mengganggu, yaitu hujan gerimis satu dua dan kecil-kecil yang tak henti-hentinya turun. Tapi itu tak membuat kita lantas basah kuyup meskipun tiga puluh menit berjalan tanpa payung.

Yang pasti, udara dingin seperti sekarang ini, adalah suasana yang paling menyenangkan untuk minum kopi. Sembari ngobrol tentunya. Dan ditemani sepiring gorengan. Hmmm...enak kan?

Bukan hanya itu saja, tapi cuaca seperti ini juga menjauhkan prasangka-prasangka buruk dari hati kita. Bawaannya pikiran adeeem melulu. Asal nggak setiap hari saja, selain cucian nggak kering, saya takut lama-lama kulit ini berubah jadi putih :)