09 April 2008

googling

Singkat saja, kemarin ada pendengar di radio saya yang menelpon dan mengatakan bahwa beliau baru saja menggoogle nama saya plus nama radio tempat saya bekerja sekarang. Aneh saja rasanya ada orang yang mencari saya sampai sebegitunya. Studio juga nggak terlalu jauh, dan buat ketemu saya, tentu saja bisa kapan aja ketika saya siaran. Tapi mendengar perjuangan mas A ini, saya jadi terharu plus setengah gedhe kepala. Gimana ya, digoogling orang lain, serasa seleb aja :)

Namun sayang sekali, karena spelling nama saya agak-agak unik - dengan dua 'n' tanpa 'h' apalagi 'y' seperti yang selama ini banyak diduga orang - maka pencarian mas A sia-sia saja. Akhirnya beliau mengambil jalan pintas, menelpon studio ketika saya siaran dan menanyakan email saya. Lebih gampang kan? Tapi terima kasih ya, untuk usahanya :)

Urusan googling menggoogling memang bisa menimbulkan kelucuan tersendiri. Seperti teman saya yang ini, yang memang punya nama agak unik, sengaja menggoogling namanya sendiri. Eh, ternyata ada yang bernama sama, dan sampai sekarang para pemilik nama kembar yang ketemu gedhe ini masih saling berkirim email.

Saya sendiri, selain pernah digoogling, juga punya hobby menggoogling orang lain. Terutama gebetan. Meski jarang sekali berhasil, karena gebetan-gebetan saya rupanya jarang meninggalkan jejak di dunia maya. Ada satu, pria yang ketika saya lakukan pencarian dengan namanya sebagai keyword, memunculkan lebih dari 800 artikel.

Pria ini bukan seseorang yang terlalu spesial, hanya dua kali pertemuan perkenalan dan tiga kali lagi bertemu sebagai pasangan kencan. Waktu itu saya sempat bercanda dengan seorang teman, setidaknya ketika dia memenangkan hadiah nobel atau melakukan entah apa suatu hari nanti dan seluruh dunia mengenalnya, saya bisa berkata pada diri saya 'di suatu waktu dalam kehidupan saya yang lalu, saya pernah mengenalnya lebih dekat dari bagaimana orang lain sekarang mengenalnya'.

4 comments:

momon said...

hahaha.. same with me ken..
klo aku malah sering'nya meng-googling nama sendiri.
iseng bangettt... ketik "momon" taraaa.. muncul..
or ketik "kirey_82".. let see..

ekekekek..
narsis degh.. klo googling nama orang jarang.. kecuali nama yayang sendiri.. :D

LA CAUDA said...
This comment has been removed by the author.
PENA BIRU said...

Hal yang menurut kita sangat sederhana, memang terkadang menjadi sesuatu yang paling mengharukan bagi orang lain.

Termasuk 'sikap diam' kita tidak selamanya membuat orang lain nyaman, karena bisa saja sikap tersebut membuat seseorang akan merasa sangat bersalah.

Satu hal lagi ( yang jarang terpikirkan oleh kita ) bisa saja seseorang akan merasa sangat kecewa ketika dia telah berupaya dan berharap untuk menjadikan kita seorang sahabat, namun kita justru tidak pernah sekalipun mau menjawab.

Anonymous said...

dan jangan lupa..gak pake huruf "C", "c" atopun "Che"
Makyum paman google udah agak pelupa, jadi klo mo ngasitau dia harus precise..

Tp klo mo tau yg pasti bener, bisa kontak saya aja...dijamin akurat *mendelik mode ON*