12 March 2008

misteri terbesar di dunia

Apa? Apa misteri terbesar di dunia? Mungkin saya sudah menemukan satu. Tapi nanti dulu.
Saya ingin sedikit mengingat apa yang pernah saya baca, lihat ataupun alami.


Pertama, Serial Harry Potter yang fenomenal.
Tepatnya di buku-buku terakhir, ketika para penyihir muda kita mulai mengalami pubertas, dan saling lirik sana sini di tengah-tengah misi menumpas sihir hitam. Ada banyak peristiwa yang menjelaskan bingungnya Harry menghadapi sikap Cho dan Hermione. "Seharusnya itu yang mereka ajarkan kepada kami, bagaimana cara kerja otak anak-anak perempuan".


Kedua, novel legendaris Romo Mangun "Burung-Burung Manyar".
Ketika pikiran Teto mencoba menyelami pemikiran Marice, mamanya. "Wanita adalah misteri besar. Mereka seperti bungkus berlapis-lapis. Sementara kaum pria adalah lapisan terluarnya yang mudah sekali terkelupas".


Dari lebih banyak lagi referensi, ternyata saya menemukan bahwa misteri terbesar di dunia bagi para pria adalah 'hati wanita'. Bagaimana dengan wanita? Mari-mari, menuju ingatan saya yang ini.


Mengenai satu adegan di film Great Expectations yang juga menampilkan tubuh polos Gwyneth Paltrow.
Ada satu adegan liris yang membuat hati saya uhm...apa ya istilahnya, prihatin sekaligus gemas. Percakapan antara Finnegan Bell dan Estella, di satu sore ketika segala sesuatunya serba keemasan. Di satu tempat di New York, di mana jembatan, daun-daun dan segala sesuatunya berkilau di bawah cahaya matahari.
Estella : Walter wants me to marry him
Finn : Why did you tell me?
Estella : I want you to say something
(Ada jeda yang tak mengenakkan, saya yakin, bagi keduanya)
Finn : Congratulation
Apa sih, yang dipikirkan Finn ketika mengucapkan kata C itu? Jelas-jelas dia mengerti apa yang dimaksudkan Estella. Bukankah mata dan gesture berbicara lebih banyak daripada bibir. Charles Dickens memahami sekali bagaimana merasakan sebuah 'gamang'.
Dengan banyaknya artikel tentang psikologi pria di majalah-majalah wanita - yang selalu saya baca pertama kali - saya menemukan bahwa hal yang sama juga berlaku bagi kami, kaum wanita.
Bagi saya, sampai saat ini, misteri terbesar di dunia adalah apa yang ada di ikiran lawan jenis. Saya menjadi host acara curhat wanita selama lebih dari setahun. Tapi sampai sekarang, rasanya belum ada rumusan atau pola yang tepat mengenai hal itu.

1 comment:

ARHAM said...

Misteri terbesar ?
Misteri Illahi dan misteri hati..